Sekilas tentang laravel

Laravel adalah salah satu php framework paling populer dan paling banyak digunakan untuk membuat website. Dengan menggunakan laravel proses pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan powerfull.

Dalam pengembangan website menggunakan laravel, ada 2 tools yang akan sering kita pakai. yaitu :

Composer

Composer adalah tool yang di dalamnya terdapat dependencies dan libraries. Composer kita gunakan pada saat membuat project laravel dan saat menginstall library yang kita butuhkan selanjutnya. Kumpulan dependencies dan library yang kita gunakan disimpan dalam sebuah file dengan nama composer.json yang nantinya berada dalam folder utama aplikasi yang kita buat.

Sebagai contoh saat kita akan membuat project laravel maka kita bisa membuka terminal atau console dan mengetikkan perintah seperti berikut.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel toko "5.8.*"

Untuk menginstall laravel ke komputer kita, silahkan buka websitenya https://getcomposer.org/

Artisan

Tool yang kedua adalah artisan. Artisan merupakan command line yang bawaan dari laravel. Dengan menggunakan artisan kita bisa membuat migrations, model maupun controller.

Fitur-fitur Laravel

Laravel memiliki banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan, seperti blade tempate engine, routing, email class, authentication dan lain-lain. Pada tutorial selanjutnya akan kita praktikan dan bahas lebih mendalam.

Sekarang lanjutkan ke tutorial berikutnya yaitu membuat project.

Mau Bikin Aplikasi Web & Aplikasi Android?

Saya membuka jasa pembuatan aplikasi web dan android untuk aplikasi seperti toko online, monitoring (IoT), interface mesin absensi atau kasir

Silahkan kontak link di bawah ini untuk teknis dan harganya